Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Wisuda 194 lulusan, Pesan Rektor “Kokohkanlah Jati Diri dan Integritasmu, Jagalah Nama Baik Almamatermu!”

 

Sabtu, 18 Mei 2024 Wisuda IAKN Tarutung Periode I Tahun 2024 dilaksanakan di Gedung Auditorium IAKN Tarutung.

Pada laporannya, Dr. Iwan Setiawan Tarigan, M.Th selaku ketua panitia melaporkan jumlah wisudawan-wisudawati yang di wisuda pada acara wisuda IAKN Tarutung Periode I Tahun 2024. Adapun jumlah wisudawan-wisudawati adalah sebanyak 194 orang yang terdiri dari Mahasiswa/i Program Sarjana, Magister dan Doktoral.

 

Pada pembukaan sidang senat terbuka, Ketua Senat, Drs. Ibelala Gea, S.Th, M.Si menyambut hangat dan mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dan  orang tua wali wisudawan-wisudawati. Selain itu,  juga mengapresiasi ketua panitia dan seluruh panitia yang telah bersusah payah bekerja keras untuk mempersiapkan acara wisuda tersebut dengan baik. “Sebagai ketua senat, saya mengajak para tamu undangan untuk mengikuti acara wisuda ini dengan tertib dan penuh hikmat,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, pada sambutannya, Rektor, Prof. Dr. Ir. Albiner Siagian, M.Si menyapa para wisudawan-wisudawati yang berbahagia pada momen tersebut. “ Wisudawan-wisudawati yang saya kasihi, masa wisuda adalah waktu yang dinanti-nantikan oleh setiap mahasiswa dan keluarga. Ini adalah peristiwa bersejarah dan membanggakan bagi mahasiswa dan keluarga, oleh karena itu sepatutnya kita mensyukurinya,” ujarnya.

Kemudian, Rektor juga menginformasikan 2 Program Studi Umum (S1 Statistika dan S1 Teknologi Informasi) yang telah mendapat persetujuan untuk dibuka di IAKN Tarutung yang dalam tahun ajaran baru ini telah menerima mahasiswa baru.

Disamping itu, IAKN Tarutung sedang menunggu tahap penilaian akhir pendirian Program Studi S1 Ilmu Komputer dibuka. Dengan diperolehnya hasil penilaian akhir tersebut (nantinya), maka akan didirikan sebuah Fakultas baru, Fakultas Sains dan Teknologi. Sedangkan untuk Program Studi S1 Kewirausahaan dan S1 Sastra dan Kebudayaan Inggris akan terselenggara ketika IAKN Tarutung telah bertransformasi menjadi UKN Tarutung.

Sehubungan dengan diinformasikannya pembukaan prodi baru tersebut, atas nama IAKN Tarutung Rektor menghimbau agar para tamu undangan mengajak keluarga ataupun saudara untuk bergabung di IAKN Tarutung. “Oleh karena itu kami menghimbau kepada kita semuanya, kalau ada anak kita, saudara kita, tetangga kita yang mau melanjutkan pendidikan ke pendidikan sains, statistika, teknologi informasi dan ilmu komputer datanglah ke IAKN Tarutung karena kita akan memulainya pada semester yang akan dimulai bulan delapan ini,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Rektor mengucapkan selamat kepada semua lulusan IAKN Tarutung yang akan diwisuda diikuti dengan pantun dalam bahasa Batak Toba dan berpesan “Kokohkanlah jati diri dan integritas mu, jagalah nama baik almamatermu!”

Sahat-sahat ni solu

Sahat tu bontean

Sahat ma wisuda on tu hamu sude akka anakkon hu

Sahat mai tu panggabean sahat tu parhorasan.

 

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Pj. Bupati Tapanuli Utara dan Bupati Kabupaten Toba untuk mengikuti acara wisuda IAKN Tarutung Periode I Tahun 2024.

 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Dr. Dimposma Sihombing, S.Sos, MAP  mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati yang di wisuda pada hari ini. “Keberhasilan ini patut disyukuri oleh semua pihak dengan harapan para wisudawan- wisudawati yang dikukuhkan pada hari ini dapat menyumbangkan ilmu pengetahuan dalam mengisi pembangunan di Negeri yang tercinta ini, khususnya di wilayah Tapanuli Utara serta umumnya bagi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Tapanuli Utara menyampaikan pesan dan motivasi kepada wisudawan-wisudawati untuk tetap berkarya di tengah banyaknya tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang yang dikutip dalam Bahasa Inggris yaitu “Knowledge is the power” dan dalam Bahasa Indonesia artinya “Ilmu adalah kekuatan”.

“Tantangan ke depan telah menunggu hendaknya di tengah-tengah era digitalisasi tantangan itu tidak dijadikan suatu penghambat untuk lebih maju namun jadikanlah sebagai suatu peluang untuk berkarya. Kami mengharapkan wisudawan- wisudawati supaya dapat berdikari dan mandiri untuk meraih masa depan yang lebih baik,” tambahnya.

Senada dengan pantun yang dilantunkan Rektor dalam Bahasa Batak Toba, di akhir sambutannya Pj. Bupati Tapanuli Utara juga menyampaikan hal yang sama.

 

Tangke ma jala walangGalinggang jala garege

Nunga saut be tapatupa wisuda sadarion

Sai anggiat ma atong gabe tubu anak partahi jala ulubalang

Dohot boru par mas jala par eme

 

Berbeda dengan Rektor dan Pj. Bupati Tapanuli Utara  yang melantunkan pantun dalam Bahasa Batak Toba di akhir sambutannya, Bupati Kab. Toba, Ir. Poltak Sitorus, M.Sc   melantunkan pantun dalam Bahasa Indonesia di awal sambutannya sebagai ungkapan terimakasih atas undangan yang diterima dalam menghadiri wisuda IAKN Tarutung.

Jalan- jalan ke Toba

Jangan lupa sambil rekreasi

Atas undangan IAKN

Saya ucapkan banyak terima kasih

 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Toba, Ir. Poltak Sitorus, M.Sc mengucapkan selamat kepada wisudawan-wisudawati dan juga kepada orangtua yang berbahagia dan bersukacita pada acara wisuda yang sedang berlangsung. Momen wisuda tentu menjadi momen yang menggembirakan, khususnya bagi para wisudawan- wisudawati. Namun kegembiraan tersebut dapat berubah dikarenakan wisuda bukanlah akhir dari perjuangan tetapi awal dari perjuangan. “Mulailah menghadapi kenyataan hidup, mulailah berfikir masa depan!” tuturnya.

Sembari membagikan pengalamannya setelah bergabung dalam dunia pemerintahan,  Bupati Kab. Toba menyampaikan bahwa untuk menjadi sukses tidak cukup hanya ilmu pengetahuan saja tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dibutuhkan di dunia pekerjaan. “Jangan dasarkan hanya pada capaian mu saat ini, mungkin S1 S2 S3 sudah cukup untuk sukses namun itu hanya modal yang perlu diolah,”tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Kab. Toba memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menghadapi dunia pekerjaan. “ (1) Jadilah punya kepribadian yang perduli! (2) Kepribadian yang harus dimiliki adalah santun. (3) Kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang pekerja adalah pandai dan bijaksana. (4) Miliki ketaatan hukum, ikuti aturan dan peraturan!” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, tidak lupa Bupati Kab. Toba menyampaikan bentuk dukungan transformasi IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung di akhir sambutannya. Adapun bentuk dukungan tersebut yaitu telah disiapkannya lahan yang menjadi tempat untuk berdirinya Fakultas Kedokteran di Kabupaten Toba. “Kita dukung semoga terwujud Universitas Kristen Negeri Tarutung, Kiranya Tuhan Memberkati, Selamat, Horas, Horas, Horas,” tutupnya.

 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan Ijazah kepada seluruh peserta wisuda dan piagam penghargaan kepada wisudawan-wisudawati terbaik. (Tim Humas)