Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Raker – Potret Hari ke dua “Segala pencapaian yang telah kita peroleh pada tahun 2023 bukanlah secara tiba-tiba”

“Segala pencapaian yang telah kita peroleh pada tahun 2023 bukanlah secara tiba-tiba”, disampaikan oleh Prof. Dr. Albiner Siagian, M.Si selaku Rektor IAKN Tarutung saat menyajikan materi Raker pada hari yang ke dua. Dalam materinya beliau Kembali menekankan kepada seluruh peserta raker untuk tetap “berproses” dalam menjalankan seluruh tugas dan tanggung jawab masing. Pada tahun 2023 kita telah mencetak Akreditasi Unggul untuk Prodi PAK, lahirnya Profesor bidang Pendidikan Kristen, bertambahnya 18 Orang Lektor Kepala. Tentu hal tersebut bukan terjadi secara tiba-tiba, namun itu merupakan proses yang telah dilalui atau akumulasi pada waktu yang sebelumnya. Mari tetap berproses, tingkatkan mutu di tahun 2024, pungkasnya.

Pemateri ke dua oleh Prof. Wahyudi Agustiono, S.Kom., M.Sc., Ph.D (Tenaga ahli Sevima) memaparkan materi tentang “Transformasi Digital Layanan Pendidikan Tinggi: Akselerasi IAKN Tarutung Menuju UKN Tarutung”. Dalam sajiannya Prof. Wahyudi menyampaian materi yang selaras dengan thema raker IAKN Tarutung. “Syarat untuk bertransformasi menjadi universitas yaitu menyelenggarakan Tridharma PT yang bermutu serta memiliki tata kelola yang baik”. Kata kuncinya adalah “pengelolaan” dan “mutu”. Bagaimana agar pengelolaan PT bermutu? “Wujudkan digitalisasi” sesuai dengan Visi Kemenag “terwujudnya Kemenag sebagai pusat pelayanan pendidikan dan keagamaan yang cepat, tepat, akurat dan terintegrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat”. Sudah saatnya IAKN Tarutung membangun PTKN yang ramah teknologi informasi dan hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat, ujarnya.

Usai Prof Wahyudi menyampaikan sajiannya, selanjutnya panel Sajian Materi Evaluasi Kinerja 2023, Strategi Pencapaian Program Kerja 2024 dan Rencana Kebijakan Program Kerja Tahun 2025 disampaikan oleh para Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana IAKN Tarutung. Tampak seluruh peserta mengikuti seluruh rangkaian acara hari ke dua dengan serius dan terlibat aktif.