Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung (IAKN Tarutung) Melalui Program Studi Pariwisata Budaya dan Keagamaan Mengadakan Event “SAFEST SEASON 3” dengan Tema “Attract Tourism”

Event “SAFEST SEASON 3″ diselenggarakan pada tanggal 13 Mei 2023 (pra event) dan 20 Mei 2023 (acara inti) yang berlokasikan di Taman Kopi Lonceng Tarutung untuk pelaksanaan pra event serta Sopo Partungkoan Tarutung untuk pelaksanaan puncak acara event. Event dengan tema Attract Tourism ini bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Tapanuli Utara serta memperkenalkan Program Studi Pariwisata Budaya dan Keagamaan kepada masyarakat umum, terutama kepada para pengunjung yang datang dari luar Tapanuli Utara. Selain itu, event ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan Program Studi Pariwisata Budaya dan Keagamaan IAKN Tarutung.

Pada pelaksanaan acara pra event tanggal 13 Mei 2023 di Taman Kopi Lonceng Tarutung telah diadakan berbagai perlombaan seperti IAKN Got Talent (seni musik, tarian tradisional dan dance), penampilan talent show dari finalis calon Mr. & Ms. Tourism, serta berbagai penampilan seni lainnya.

Sedangkan pada acara inti tanggal 20 Mei 2023 telah diselenggarakan beragam art performances, pemilihan Mr. & Ms. Tourism yang dihadiri oleh tiga juri yaitu: Dr. Hanna Dewi Aritonang, M.Th. (Warek III IAKN Tarutung), Benny Simanjuntak, S.Sos., M.Si. (Mewakili Kadis Pariwisata Tapanuli Utara), serta Pasya Panggabean (finalis Puteri Binapasogit 2022). Pada acara inti ada juga penampilan dari pemenang IAKN Got Talent yaitu dari SMAN 1 Sipoholon yang membawakan Tortor sebagai juara III, Mark dari SMKN 1 Siatasbarita sebagai juara II serta penampilan Juara I dari Sanggar Tari Sianjur Mula-mula Samosir yang membawakan tarian Tortor juga di acara ini, selain itu ada special performance dari mahasiswa IAKN Tarutung dan diakhir acara ada pengumuman door prize.

Event “SAFEST SEASON 3” dengan tema Attract Tourism ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap potensi wisata yang ada di Tapanuli Utara dan mendukung pengembangan pariwisata. Selain itu, event ini juga akan membantu meningkatkan kualitas lulusan dan kontribusi kampus terhadap pengembangan pariwisata di Tapanuli Utara. (Milka Thalia Aritonang)