Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

IAKN TARUTUNG JALIN KERJA SAMA DENGAN IT DEL

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi (IT) Del Laguboti. Penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama (Memorandum of Agreement) itu dilaksanakan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Keagamaan (FISHK) IAKN Tarutung, Dr Maringan Sinambela, dan Dekan Fakultas Informatika dan Teknik Elektro (Fakultas ITE) IT Del, Indra Hartanto Tambunan, PhD, di Kampus IT Del Sitoluama Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba (Senin, 06 November 2023). Penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama (PKS) itu disaksikan oleh Rektor IAKN Tarutung, Prof Dr Albiner Siagian, Rektor IT Del, Dr Arnaldo Marulitua Sinaga, M.InfoTech, Wakil Rektor 3 IT Del, Humasak Simanjuntak, PhD, Frainskoy Naibaho, M.Kom, dan Eduard Hutabarat, M.Si. Dua yang disebut terakhir ini adalah anggota tim pembukaan program studi baru di IAKN Tarutung.

Gambar 1. Suasana Penyambutan Rektor IAKN Tarutung beserta tim oleh Rektor IT Del beserta Wakil Rektor 3 dan Dekan Fakultas ITE IT Del di Kampus IT Del Sitoluama Laguboti

PKS ini adalah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara IAKN Tarutung dengan IT Del yang telah ditandatangani sebelumnya. FISHK dan Fakultas ITE sepakat melakukan kerja sama dalam pemanfaatan bersama sumber daya manusia, pertukaran dosen, pembimbingan dan pengujian (program sarjana, magister, dan doktoral), dosen tamu, joint seminar dan joint research.

Kepada Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas ITE, dan staf, Rektor IAKN Tarutung memaparkan rencana IAKN Tarutung untuk membuka 5 (lima) program studi (PS) baru, yaitu PS Teknologi Informasi, PS Statistika, PS Kewirausahaan, PS Sastra dan Kebudayaan Inggris, dan PS Psikologi Kristen. “Saat ini kami sedang dalam proses submission 5 (lima) program studi baru melalui Lembaga Layanan Dikti (LLDikti) Wilayah I. Kami berharap, pada tahun 2024, kelima program studi itu sudah menerima mahasiswa baru. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memenuhi persayaratan (yaitu memiliki program studi umum dan eksak) untuk bertransformasi menjadi Universitas Kristen Negeri (UKN) Tarutung. Untuk itu, kami sangat mengharapkan bantuan dan dampingan dari IT Del untuk pembukaan program studi tersebut, terutama PS Teknologi Informasi dan PS Statistika itu, termasuk setelah program studi tersebut sudah melaksanakan aktivitas akademiknya,” demikian Rektor IAKN Tarutung katakan dalam pemaparannya.

Gambar 2. Foto Bersama setelah Penandatanganan PKS (Kiri-kanan: Humasak Simanjuntak, Indra Hartanto Tambunan, Maringan Sinambela, Albiner Siagian, Frainskoy Naibaho, dan Eduard Hutabarat)

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor IT Del, Dr Arnaldo M Sinaga, menyambut gembira ditandatanganinya PKS antara FISHK IAKN Tarutung dengan Fakultas ITE IT Del. “Sebagai penyelenggaran pendidikan keteknikan, khusunya teknologi komputer dan sistem informasi, tentu saja kami akan dengan senang hati membantu upaya pemajuan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, khususnya di wilayah Tapanuli Raya dan sekitarnya,” demikian dukungan Rektor dalam sambutannya.

Acara penandatanganan PKS diakhiri dengan komitmen bersama untuk mengimplementasikan kesepakatan kerja sama itu segera dan dengan ramah-tamah antara rombongan IAKN Tarutung dengan Rektor, Wakil Rektor 3, Dekan Fakultas ITE dan staf dalam suasana kekeluargaan (A_S).