Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Duta Baca Shalom 2023 IAKN Tarutung

Silangkitang, Tapanuli Utara. “Saya mendambakan perpustakaan sebagai ruang publik, ruang pertemuan antara dosen dengan mahasiswa,” ujar Ester Kuniawati Halawa, mahasiswa Prodi Kristen Anak Usia Dini, pada persentasi esainya. “Selain itu, perpustakaan hendaknya memutar lagu-lagu daerah dengan volume yang tidak mengganggu pengunjung. Lagu-lagu akan membuat pengunjung lebih santai dan fokus membaca,” tambah Ester. Dia salah satu dari lima finalis Duta Baca Shalom IAKN Tarutung yang dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan IAKN Tarutung, pada Jumat, 17 Maret 2023.¬† Sementara itu, Ardin Jultriman Mendrofa, mahasiswa Prodi Pariwisata Budaya dan Keagamaan mengatakan, “Sudah saatnya perpustakaan kita bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di kawasan Tapanuli. Mahasiswa IAKN Tarutung akan bisa mengakses buku yang ada di Sekolah Tinggi Seminarium HKBP Sipoholon,” ujarnya. Ide menarik diungkapkan oleh Swiamanto Sihombing, mahasiswa Prodi Sosiologi Agama. Dia mengatakan, “Hendaknya tersedia kantin di dalam perpustakaan. Membaca itu berat, jadi butuh makanan-makanan ringan,” ujarnya. Dua peserta lainnya, Delima Padang, mahasiswa Prodi Teologi, dan Helen Angelina Purba, mahasiswa Prodi Teologi, memberikan usul yang sama, yakni mengadakan seminar kolaborasi antara dosen dan mahasiswa di perpustakaan.

Duta Baca Shalom 2023 IAKN Tarutung diadakan untuk mengapresiasi mahasiswa yang gemar membaca. Acara ini juga dilaksanakan untuk mengajak mahasiswa menjadikan perpustakaan sebagai rumah keduanya. “Jadikan perpustakaan sebagai bagian tak terpisahkan dari dirimu,” ujar Lenni Lumbantoruan, SE, Kepala UPT Perpustakaan IAKN Tarutung, sekaligus juri dalam lomba itu. “Buku adalah jendela dunia memang sudah perumpamaan yang sangat tua, namun ungkapan itu selamanya relevan,” ujar Dr. Hanna Dewi Aritonang, Wakil Rektor III, yang juga menjadi juri dalam lomba itu. Juri lomba ketiga adalah Dian Purba, MA, Ketua Kajian Seni, Budaya, dan Keagamaan IAKN Tarutung.

Setiap peserta diwajibkan menuliskan esai bertema “Apa yang bisa kamu lakukan (sumbangsih pemikiran/ide) untuk kemajuan Perpustakaan IAKN Tarutung”. “Ada kesegaran ide dalam persentasi semua finalis. Ide itu mestilah ditampung Perpustakaan IAKN Tarutung,” ujar Dian Purba.

Ester Kurniawati Halawa terpilih sebagai Duta Baca Shalom 2023 IAKN Tarutung.