Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Dies Natalis ke-33: IAKN Tarutung Selenggarakan Seminar Ilmiah

Bertempat di Aulamini Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung rabu (15/05), Panitia Dies Natalis ke-33 selenggarakan Seminar Ilmiah dengan Tema “Peran Musik dalam Pendidikan”. Dalam kegiatan ini hadir sebagai  narasumber Dr. Lamhot B Sihombing, M.Pd (Dosen dari Universitas Negeri Medan, Fakultas Bahasa dan Seni), dosen dan mahasiswa perwakilan program studi IAKN Tarutung.

Dalam laporannya Dr. Monang Asi Sianturi, M.Sn selaku ketua panitia menyampaikan bahwa   seminar ilmiah ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dari  Dies Natalis ke-33 IAKN Tarutung. Tentu ini adalah salah satu  dari beberapa  kegiatan yang semula  sudah di awali dengan kegiatan jalan santai (12/05/2024) yang melibatkan seluruh civitas akademika kampus. “Hari ini kita akan mengadakan seminar ilmiah yang khusus  kita fokuskan pada materi tentang  musik dimana pada moment ini kita melihat bahwa pendekatan musik terhadap pendidikan sepertinya belum terisi sehingga pada kesempatan kita mengundang narasumber dari Unimed untuk memberikan pencerahan pada kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Panitia menjelaskan tentang jadwal rangkaian kegiatan Dies Natalis. “Kemudian rangkaian yang kedua kita akan melaksanakan seminar ilmiah, besok masih ada rangkaian kegiatan kita dan untuk kegiatan puncak akan dilaksanakan pada 17 Mei 2024,” tambahnya.

 

 

Seminar Ilmiah ini dibuka secara resmi oleh Rektor IAKN Tarutung, Prof.Dr.Ir.Albiner Siagian, M.Si. Dalam sambutannya, Rektor  mengajak semua mahasiswa IAKN agar menjadi orang yang pekerja keras, tangguh, tidak loyo dan harus kokoh. “Mari anda mencari bentuk anda sebenarnya, passion nya dimana kalau anda mau memilih menjadi pemusik gereja maka jadilah pemusik gereja yang hebat dan orang akan mengenalimu. Musik gereja yang masih kontemporer mari mainkan disini, fokus disitu dan jadikan itu menjadi passion anda sebagai mahasiswa, agar kita dikenal orang, agar kita eksis jangan menjadi hal yang umum yang rata-rata. Menjadi orang yang rata-rata ya semua orang bisa,” pungkasnya.

Usai menyampaikan sambutan, Panitia mengajak peserta seminar dan narasumber untuk sesi foto bersama. Kemudian dilanjut dengan penyampaian materi oleh Narasumber.

Dalam paparannya, narasumber menyampaikan  bahwa defenisi musik adalah bunyi yang teratur dan yang berulang; dan pendidikan adalah sebuah proses yang sudah terencana dalam pelajaran. “Peranan musik dalam pendidikan dapat mengungkapkan ekspresi, emosi, menyatukan perbedaan dalam hal ini melalui paduan suara, Selain itu musik juga berpengaruh dalam hal disiplin dan mandiri, misalnya ketika mahasiswa menerima partitur paduan suara dari Bapak/Ibu Dosen, tanpa sadar akan melatih partitur tersebut” ujarnya.  Disela-sela paparannya Dr. Lamhot acap kali mencontohkan cara bervokal yang baik dan benar dengan menyanyikan beberapa lagu sebagai gambaran dari topik yang disampaikan dan disambut antusias oleh seluruh peserta seminar. (Tim Humas)