Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Prodi MPK Juara Umum pada Pekan Kreativitas Mahasiswa 2023 IAKN Tarutung

Silangkitang — Mereka bernyanyi, berteriak, dan berjoget. Gendang dipukul bertalu-talu dan suara toa mengencangkan semangat mereka. Gema dukungan antarsuporter memenuhi seantero lapangan. Inilah final futsal pada Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 IAKN Tarutung pada 18 November 2023. PKM 2023 berlangsung dari 16-18 November 2023. Dua tim futsal terkuat di IAKN Tarutung — Tim Prodi Pendidikan Musik Gerejawi (PMG) dan Prodi Pendidikan Penyuluhan Agama (PPA) — bertemu memperebutkan pemenang pertama dan kedua. Prodi PPA memenangkan pertandingan dengan skor 6-4.

Sementara itu, dari arena lain kemeriahan memuncak ketika tim voli putri Prodi Pastoral Konseling berhasil mengalahkan Prodi Manajemen Pendidikan Kristen di final. Pertandingan berlangsung sangat sengit. Tampak penonton melupakan cuaca panas demi memberi semangat kepada tim masing-masing.

Di lapangan rektorat, tarian kolosal, pertandingan ketiga di hari terakhir PKM, memberikan sensasi berbeda. Setiap tim tari terdiri dari 15-20 orang. Tamang Pung Kisah, lagu wajib yang mengiringi tarian, tidak hanya membuat penari bergerak sempurna mengiringi irama, namun juga membuat penonton di pinggir lapangan tak kuasa menahan badan untuk tidak ikut bergoyang. Dan memang, menari berbeda dengan bermain voli dan futsal. Dua pertandingan terakhir menghadirkan teriakan, sementara tari memaksa keindahan tubuh muncul dalam rupa goyangan. Begitulah, tarian indah Prodi PPA tidak mampu terbendung untuk menggaet posisi pertama. Mereka mengalahkan 11 tim lainnya.

Rektor IAKN Tarutung, Prof. Dr. Albiner Siagian, M. Si., mengapresiasi kegiatan ini. “Terima kasih kepada semua peserta yang bertanding. Selama tiga hari ini mereka mempertontonkan keindahan olah tubuh, olah pikiran, dan olah hati,” ujarnya. Rektor juga memberikan apresiasi kepada seluruh Panitia Pekan Kreativitas Mahasiswa 2023. “Saya melihat totalitas kerja panitia di setiap acara. Mereka bekerja keras untuk ini,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Dr. Hanna Aritonang, M. Th., mengatakan arti penting PKM 2023. “Selain menjadi ajang lomba mahasiswa lintas prodi untuk mengekspresikan bakat dan minat mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik, PKM tahun ini juga untuk menjalin keakraban antarmahasiswa. Setiap pertandingan yang mereka lakoni menjadi kesempatan berharga untuk mencetak prestasi. Dan mereka melakukannya dengan sangat baik. Mereka sangat antusias dan begitu bergembira,” ujarnya.

Denata Rajagukguk, M. Sn., Ketua Panitia Pekan Kreativitas Mahasiswa 2023, mengatakan PKM 2023 membuncahkan sisi lain mahasiswa. “Mereka keluar sejenak dari kursi ruang kuliah. Waktu setiap prodi berlatih untuk mengikuti tujuh kategori lomba tergolong sangat singkat. Namun, kita melihat kesempurnaan di lapangan. Tidak hanya perbauran antarmahasiswa yang tampak, namun dosen-dosen juga sangat antusias. Saya bertanya kepada satu dosen dan Ia mengatakan bahwa Ia melihat sesuatu yang istimewa dari mahasiswa-mahasiswanya saat bertanding, sesuatu yang tidak dijumpainya di ruang kuliah. Saya juga merasakan hal yang sama,” ujarnya.

Dari tujuh kategori lomba PKM 2023 — speech contest, cerdas cermat, tari kolosal, fashion show, musikalisasi puisi, voli putri, dan futsal putra — Panitia mengumpulkan poin dari setiap pemenang untuk setiap kategori. Peraih poin terbanyak berhak membawa Piala Bergilir Rektor IAKN Tarutung “Pekan Kreativitas Mahasiswa”. Prodi Manajemen Pendidikan Kristen berahasil memboyong piala tersebut dan mengaraknya mengelilingi kampus sebelum akhirnya dibawa ke prodi.

“Kami sangat bergembira. Semua mahasiswa telah menunjukkan sportivitas yang tinggi. Mereka bertanding penuh dedikasi. Mereka bertanding membawa nama prodi. Semangat prodi adalah semangat mereka dan semangat mereka adalah semangat prodi. Kegiatan ini membantu mereka memperlengkapi diri menjadi pemimpin-pemimpin masa depan. Kiranya kegiatan seperti ini semakin ditingkatkan lagi ke tahun-tahun berikutnya,” ujar Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Kristen, Dr. Robinhot Sihombing, M. Pd. K.

Berikut pemenang untuk tujuh kategori lomba Pekan Kreativitas Mahasiswa 2023 IAKN Tarutung.

Fashion Show: Juara I Prodi Pariwisata Budaya dan Keagamaan; Juara II Prodi Teologi; Juara III Prodi Manajemen Pendidikan Kristen; Juara Harapan I Prodi Pendidikan Musik Gerejawi; Juara Harapan II Prodi Pendidikan Agama Kristen.

Speech Contest: Juara I Prodi Pendidikan Agama Kristen; Juara II Prodi Manajemen Pendidikan Kristen; Juara III Prodi Manajemen Pendidikan Kristen; Juara Harapan I Prodi Pariwisata Budaya dan Keagamaan; Juara Harapan II Prodi Pendidikan Agama Kristen.

Cerdas Cermat: Juara I Prodi Pendidikan Agama Kristen; Juara II Prodi Teologi; Juara III Prodi Manajemen Pendidikan Kristen; Juara Harapan I Prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini; Juara Harapan II Prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini.

Musikalisasi Puisi: Juara I Prodi Teologi; Juara II Prodi Kepemimpinan Kristen; Juara III Prodi Pendidikan Agama Kristen dan Prodi Pendidikan Penyuluhan Agama; Juara Harapan I Prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini; Juara Harapan II Prodi Manajemen Pendidikan Kristen.

Voli Putri: Juara I Prodi Pastoral Konseling; Juara II Prodi Manajemen Pendidikan Kristen; Juara III Prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini; Juara IV Prodi Pendidikan Penyuluhan Agama.

Futsal: Juara I Prodi Pendidikan Penyuluhan Agama; Juara II Prodi Pendidikan Musik Gerejawi; Juara III Prodi Teologi; Juara IV Prodi Manajemen Pendidikan Kristen.

Tari Kolosal: Juara I Prodi Pendidikan Penyuluhan Agama; Juara II Prodi Teologi; Juara III Prodi Manajemen Pendidikan Kristen; Juara Harapan I Prodi Pastoral Konseling; Juara Harapan II Prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini.