Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Menag dan Rektor IAKN Tarutung Bahas Transformasi menjadi Universitas

Menag dan Rektor IAKN Tarutung (Foto: Rusydi)

Jakarta (Kemenag) — Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan dan audiensi Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Sumatra Utara (Sumut) Prof. Dr. Lince Sihombing.

Pertemuan Menag Yaqut dengan Rektor IAKN Tarutung membahas transformasi Institut Agama Kristen Negeri pertama nantinya di Indonesia menjadi Universitas.

Rektor IAKN Tarutung Lince Sihombing menyampaikan pertemuan ini menjadi spirit bagi IAKN Tarutung untuk terus berupaya melengkapi persyaratan kelengkapan administrasi menuju Universitas. “Konsultasi dan konsolidasi ke berbagai pihak terkait sudah kita lakukan untuk transformasi ini, seperti penambahan program studi dan persyaratan lainnya,” kata Lince Sihombing, Rabu (10/02).

Lince Sihombing menyampaikan komunikasi terkait transformasi IAKN Tarutung menuju Universitas ini juga terus dilakukan kepada Pemda dan Menpan-RB di pusat. “Kami juga terus meminta arahan kepada Sekjen Kemenag dan Dirjen Bimas Kristen,” tambah Lince Sihombing.

Lince Sihombing menambahkan, IAKN Tarutung hadir untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi hamba Tuhan yang setia, memiliki kedewasaan dan ketangguhan iman, berwawasan oikumenis, mampu menguasai ilmu sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari dan program studi yang diikuti dan ilmu pengetahuan lainnya yang terkait.

“Dalam kesempatan ini, kami menyerahkan proposal transformasi IAKN Tarutung menjadi Universitas dan kami mohon dukungan Bapak Menteri Agama. Bila ini terwujud, maka IAKN Tarutung akan menjadi universitas Kristen Negeri pertama di Indonesia. Kami akan menampung anak-anak kampung di tujuh kabupaten di Sumut untuk menempuh pendidikan lebih tinggi di UKN Tarutung nantinya,” harap Lince.

“Di IAKN Tarutung, saat ini juga ada puluhan mahasiswa Papua yang mendapat beasiswa dan kami juga mengratiskan asrama kepada mahasiswa Papua,” sambungnya.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, Kementerian Agama siap mendukung transformasi IAKN Tarutung menjadi Universitas, tentunya dengan melengkapi pelbagai syarat yang sudah ditetapkan.

“Kristen harus punya universitas negeri. Saya akan membantu dan mendorong maksud baik Bu Rektor menjadikan IAKN menjadi universitas. Saya komitmen untuk membantu mewujudkannya,” ujar Menag dalam pertemuan yang berlangsung hangat petang itu.¬†

Sumber : –
Penulis : benny andriyos
Editor : Khoiron

Berita ini sudah tayang sebelumnya di website kemenag.go.id